-->

Marketing Ramadhan Banyak Peluang yang Bisa didapatkan

Marketing ramadhan – Ramadhan telah tiba, Kini saatnya memperbarui model pemasaran bagi setiap penjual agar dapat berkompetisi dibulan yang suci ini. Bulan ramadhan menjadi momentum yang sangat spesial bagi mereka para perlaku usaha. Salah satu yang ditimbulkan dari datangnya bulan ramadhan adalah daya konsums masyarakat meningkat sehingga oleh sebagian orang dijadikan sebagai peluang usaha baru.

Jika kita perhatikan dengan seksama, disekeliling kita banyak terdapat penjual dadakan untuk ikut serta mengambil momen ramadhan tentunya. Ada yang mengambil peluang dalam makanan seperti menjual takjil disetiap sore menjelang buka puasa, atau menyediakan paket parsel idulfitri dengan berbagai macam pilihan.

Selain menjual makan fashion juga menjadi peluang lainnya yang banyak di ambil oleh mereka para penjual baru bermunculan.

Baca Juga : 10 Alternatif Google AdSense Terbaik

Dengan meningkatnya peluang yang hadir dibulan ramadhan menjadi salah satu penyebab kenapa banyaknya bermunculan penjual penjual baru. Nah.. Untuk itu bagi pelaku usaha udah selayaknya harus memperbaru model pemasaran yang digunakan dalam menyikapi hal tersebut. Selain model pemasaran yang digunakan kita juga perlu untuk mengenal target konsumen dibulan ramadhan.

Bagaimana pola konsumen di bulan Ramadhan ?

Pola konsumen disaat hari raya seperti sekarang ini kebanyak mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk beristirahat, menonton tayangan hiburan entah di televisi ataupun smartphone, transaksi belanja meningkat, pencarian diskon besar – besaran.

Banyak menghabiskan waktu untuk beristirahat

Dibulan ramadhan ini membuat kebanyakan orang menghabiskan untuk beristirahan. Ya.. karena kondisi badan yang sedang dalam keadaan berpuasa tentunya tidak dapat seperti biasanya. Jika biasanya kita dapat menghilangkan rasa ngantung mungkin dengan memakan cemilan atau menikmati secangkir kopi untuk membantu menghilangkan rasa kantuk. Bagi mereka yang sedang berpuasa tentunya hal tersebut tidak bisa dilakukan lagi alias ditunda hingga waktu berbuka datang.

Baca Juga : 21 Tips yang membutuhkan investasi minimal

Sehingga tidak heran jika kebanyak dari mereka yang sedang menjalankan puasa lebih memilih untuk beristirahat.

Menonton hiburan

Selain beristirahat, bagi mereka yang menjalankan puasa dalam mengisi waktu luangnya mereka menikati hiburan dengan menonton baik film atau video hiburan secara online dengan menggunakan smartphone yang mereka miliki.

Berburu Diskon

Diskon menjadi salah satu yang banyak dinantikan oleh sebagian orang. Kemunculan diskon besar – besaran pada momen seperti ramadhan sekarang ini tentunya seakan sudah menjadi agenda tahunan yang banyak ditunggu oleh masyarakat kita. Hal itulah yang menjadikan alasan kenapa kebnyakan dari mereka dibulan ramadhan dijadikan sebagai tempat berburu diskon.

Dermawan

Kedatangan bulan suci ramadhan menjadikan kebanyakan orang lebih cenderung suka memberi. Tingkat dermawan mereka cenderung meningkat jika dibandingkan dengan hari – hari biasanya.

Rajin Beribadah

Bulan suci bagi mereka umat muslim cenderung digunakan untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta. Semangat beribadah mereka cenderung naik tidak seperti hari – hari biasanya.

Baca Juga : Tips Pemasaran Produk yang Disesuaikan dengan Produkmu

Untuk itu pentingnya bagi para penjual untuk memahami pola konsumen di bulan suci ramadhan. Hal itu agar dapat menyediakan apa yang di butuhkan oleh konsumen dan target pasar dapat tercapai dengan maksimal.

Bagaimana Model Marketing Ramadhan yang Relevan Saat Ramadhan ?

Model marketing tentu perlu untuk diperbarui dengan memperhatikan pola konsumen yang cenderung berbeda dengan biasanya. Untuk mengtasinya dapat dengan menentukan target konsumen, menyiapkan stock produk yang mencukupi, Berikan Promo, penambahan jam pelayanan, dan memberikan paket spesial hari raya.

Tentukan Target

Memahami konsumen yang akan menjadi target. Sajikan kepada mereka konten yang bermanfaat dan memotivasi. Jika kita menggunaka digital marketing tentu insight perlu kita pahami. Keyword apa yang banyak dicari oleh audiens dan relevan bagi produk yang akan kita jual. Untuk mencarinya kita bisa menggunakan google trend atau keyword tools yang lainnya.

Menyiapkan Stock

Meningkatnya daya konsumsi masyarakat menjadi salah satu penyebab perluny kita mempersiapkan stock barang yang cukup agar tidak terjadi kekerangan dikemudian hari. Sehingga kita tetap bisa eksis selama bulan ramadhan berlangsung tanpa khawatir kekurangan persediaan.

Baca Juga : Cara Membuat Campaign yang Efektif

Dalam menambah persediaan tentu harus tetap dengan menggunakan batas aman jangan sampai berlebihan. Agar tidak terjadi hal – hal yang diinginkan.

Promo

Mengingat ramadhan selalu identik dengan promo (discout) tentu menjadi langkah selanjutnya untuk memikat konsumen. Kita dapat membuat promo atau mengembangkan promo yang tadinya sudah berjalan.

Pelayanan

Selain memberikan promo, jam pelayanan juga perlu diperhatikan. Aktifitas dibulan ramadhan tentu tidak seperti biasanya. Dibulan ramdhan aktifitas cenderung berkurang, mungkin untuk menghemat energi karena lagi puasa dan kebanykan dari mereka lebih semangat beraktifitas pada jam jam tertentu semisal menjelang buka puasa atau malam hari.

Paket Spesial

Mendapatkan sesuatu yang simple tanpa harus kesana kemari mencarinya. Menyediakan paket pemesan dari produk yang kita tawarkan bisa menjadi salah satu jalan keluarnya.