-->

Membuat Zoho Email Untuk Bisnis

Cara Membuat zoho mail bisnis merupakan salah satu platform email untuk personal dan bisnis. Sama seperti yang dimiliki. Membuat zoho eail personal

Zoho mail merupakan salah satu platform email untuk personal dan bisnis. Sama sperti Gmail yang dimiliki Google memberikan tawaran email tanpa iklan yang tampil didalamnya. Tidak hanya memberikan penawaran email saja namun layanan yang lainnya seperti CRM, Project, Doc, Kalender, Creator yang dapat terintegrasi dengan email.

Untuk menikmati Layanan pada Zoho Mail kita dapat menikmatinya secara free dan berbayar mulai dari 1$ - 3$ perbulan dengan pembayaran pertahun. dengan featur yang mperudah penggunanya untuk bekerja secara atau ahkan untuk berkolaorasi dengan team.

Membuat Zoho Email Untuk Personal

Untuk kalian yang ingin menggunakan zoho sebagai pilihan email pribadi dengan ekstensi @zoho.com dan akan mendapatkan peyimpanan sebesar 5 GB. Berikut ini langkahh-langkah yang harus kamu lakukan :

  • Silahkan kunjungi halamannya zoho.com


  • Kemudian pilih personal email  lalu isi alamat email yang akan kalian gunakan, password, nama depan, nama belakang, nomor handphone.
  • Apabila sudah terisi semua jalangan lupa tekan "I agree to TOS & PV"dan klik Sign Up For Free.
  • Selanjutnya adalah verifikasi denan kode yang dikirimkan melalui nomor yang didaftarkan. 
  • Selesai Dehh.
Sekarang email personal zoho sudah siap untuk digunakan. Untuk loginnya silahkan kunjungi https://accounts.zoho.com/signin.

Membuat Zoho Workplace: Zoho Email Bisnis

Bagi kalian yang sedang mencari email bisnis untuk mengelola usaha layanan Zoho Workplace bisa menjadi pilihannya. Menggunakan email untuk mengelola bisnis tentu tidak hanya membutuhkan satu email saja tentu emerlukan beberpa email untuk setiap bagian dari team. Banyak fitur yang tersedia, seperti spreadsheet, presentasi, editor bisa kita jumpai. 

Untuk menggunakan paket free selamanya akan menapatkan limit pengguna hingga lima pengguna dengan penyimpanan 5GB/penguna. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  • Silahkan kunjungi zoho.com


  • Pada halama pertama kita akan melihat penawaran harga untuk berlanggan. Namun apabila inggin menggunakan versi gratis silahkan scrol ke bawah pilih paket gratis selamanya dan klik daftar sekarang.

  • Silahkan isi nama, kemudian email pribadi / nomot hp untuk menerima kode konfirmasi dan password.

  • Jangan lupa centang I agree. dan klik sign up.
  • Masukkan kode konfirmasi yang masuk melalui email/nomor hp dan klik verif.
  • Setelah itu maka akan masuk pada laman setup email bisnis.

Cara Setting Domain Zoho Mail Bisnis


Sedikit berbeda dengan Zoho Mail personal untuk melakukan pengaturan Zoho Mail Hosting siapkan terlebih dahulu domain untuk email apabila belum ada kita bisa membelinya melalui Zoho. Berikut langkah-langkah yang harus kita lakukan :
  • Silahkan pilih Add an existing domain (apabila sudah punya domain) jika belum dan mau memilinya lansung maka silahkan pilih Buy a New Domain.

  • Apabila sudah maka kita mengisi domain name, kemudian nama bisnis, dan kategori bisni.
  • Selanjutnya adalah melakukan setup users silahkan klik add atau bisa invitees atau mengimpor dari daftar email team.
  • Setelah Setup users selanjutnya adalah setup groups sesuai dengan kebutuhan. Oh iya untuk bagian setup users dan setup groups bisa kita skip.
  • Tahap selanjutnya adalah DNS Mapping silahkan kalian masuk pada situs penyedia domain yang kalian gunakan atau login pada hosting dan kemudian plih DNS Manajemen.
  • Klik add MX dan masukkan sesuai yang tertera dalam petunjutk dari zoho.
  • Setelah selesai klik verify MX Records.
  • Sekarang kita melakukan seetting SPF (Sender Policy Framework) dengan menambahkan TXT record pada DNS Provider. 


  • Setelah selesai silahkn klik Verify.
  • Setelah melakukan setting SPF selanjutnya menamahkan DKIM Record pada DNS Provider sesuai dengan petunjuk yang muncul. Klik Verify
Untuk setting domainnya sudah selelasi sekarang email sudah bisa digunakan.